Sunday, October 28, 2007

let's cut the chicken!

Hari ini tercipta sejarah.
Hari ini pertama kalinya bagi Quina.
Untuk memotong dua ekor ayam.

Jadi ini awalnya dari jalan2 iseng quina dan papi priyo maen ke Cinde. Niatnya sih nyari pot sama ijuk buat anggrek. Eh tau2 mami ahun nimbrung. Nah di pasar quina jalan bareng papi priyo, mami ahun jalan sendiri. Pas ketemuan di mobil, ajaib banget si ibunda udah nenteng ayam 2 biji dengan muka inosen.

Pemotongannya sendiri dilaksanakan siang ini, Minggu, 28 Oktober 2007, tanpa ritual apa2. Sebelomnya saya kenalin dulu deh. Nih ayam2 belom sempet saya kasih nama, jadi kita sebu aja mereka TERPOTONG 1 dan TERPOTONG 2.

nih dia muka si TERPOTONG 1




ini TERPOTONG 2. dia kalah seger deh dibanding rekannya.




Nah bisa langsung diliat nih poto2 prosesi pemotongan TERPOTONG 1 dan 2.


kaki sama sayap dipegang mami ahun, leher dipegang papi priyo. digorok bentar, tapi nggak sampe putus. abis kejeng2 sekitar 30 detik, tuh ayam mati juga.




get bloody or bitchy?




tetep macho tanpa nyawa




nah abis dia lepas nyawa, diceburin sebentar (sekitar 3 menit lah) di aer panas. tujuannya biar bulunya gampang dicopotin. nih udah siap copot. selanjutnya tinggal dibuluin aja.




Jujur, sebelomnya saya pikir sih adegan potong-memotong ini bakalan dramatis, secara hati saya kan lembut banget. Tapi ternyata nggak samasekali. Secara mami ahun yang dari rimba kalimantan udah biasa ngebunuh2 binatang, sementara papi priyo, yang meskipun dari persawahan lampung, juga udah suhu ngebacok ayam. Justru hati saya sempet teriris2 waktu tuh ayam masih di mobil, cuma bertiga bareng saya dengerin SPI 99.10 fm. Tatapannya itu lo...

Oyo dari prosesi ini saya belajar suatu filosofi kebijaksanaan yang dalem banget. Nih dia..

Quina: Kasian ya ayamnya dipotong..
Supriyo: Yah ginilah hidup, nak.. Yang kuat bunuh yang lemah.. Yang pintar ngalahkan yang bodoh.. Yang bisa motong motongin yang bisa dipotong..

No comments: