Thursday, February 21, 2008

bangau oh bangau..

saya menyadari sesuatu di bangau. dimulai dari lanita yang nyamperin saya lama banget dari sekarang. dia ngomongin sesuatu tentang lomba lagu melayu. dan nggak lama pak wil pun nyamperin saya ngomongin hal yang sama. maka disodorilah saya sebuah surat undangan keikutsertaan lomba nyanyi melayu. waktu itu saya cuma punya beberapa hari buat persiapan lomba. saya pikir saya bakal diurus. dibimbing. jadi saya setuju buat ikut tuh lomba. ternyata perkiraan saya salah. saya sama sekali terlantar. sma ini emang beda dari smp, di mana waktu itu semua kegiatan lomba ada yang ngurusin. di sma ini yang diurus cuma yang ada di daftar intra dan ekstra. selebihnya urus aja sendiri. sekalipun saya bawa nama sekolah, sekalipun saya dikasih kerjaan ekstra buat latian nyanyi di tengah hiruk pikuk dera kelas tiga, sekalipun tuh lomba mensyaratkan busana kebaya melayu sebagai kostum wajib, dan bahkan sekalipun peserta tuh lomba bakal mencapai ratusan, saya tetep sendiri. saya bakal lomba sendiri. dalem balutan kebaya sambil nunggu giliran tampil bakal harus ngapa2in sendiri. kalo haus beli minum sendiri. makan siang cari sendiri. surat perwakilan pun saya urus sendiri, dan buat ngurus surat perwakilan ini bukannya gampang. saya berani sumpah, staf2 bangau ini bner2 payah, nggak kompak, dan bikin malu. saya dipingpong waktu ngurus surat. pernyataan wilarno beda sama yang diomongi lucia. dan sekali lagi, saya tetep sendiri.

ujung2nya saya nggak jadi ikut tuh lomba. sangat disayangkan pihak penyelenggara tuh lomba juga payah. lomba laknat ini diundur sampe 2x, dan kami para peserta yang berbahagia udah dateng dengan niatan tm sampe 2x, buat akhirnya cuma ngeliat pengumuman LOMBA DIUNDUR ditempel di dinding sampe 2x. dalem kasus ini, saya bner2 acungi jempol buat panitia penyelenggara, buat keberaniannya yang luar biasa ngundur2 acara berskala sebesar ini seenak jidat. dan dalem menghadapi semua ini, tetep, saya sendirian.

kembali lagi ke lomba. abis ditawarin lomba melayu bullshit ini, saya jadi getol ngurusin lomba2. ada satu lomba yang bikin saya tertarik, LOMBA BULU TANGKIS. kenapa? karena kawan2 kelas saya sangat gemar maen pukul bulu satu ini. lomba ini nggak mudah. beregu. satu regu 5 partai ganda. 6 sampe 10 orang. saya bawalah surat undangannya. kawan2 saya liat. 3 orang berminat. saya kasih tau pak wil. saya mohon supaya anak2 ini diurus. saya tanyakan soal pelatih. saya tanyakan soal perizinan. apa jawabnya?

"Lha nggak usah latian. Wong itu tinggal dateng, maen aja. Terus nanti tinggal bayar biaya bola,"

saya agak kaget. setau saya kawan2 saya yang basket selalu latian kalo mo tanding. dan setau saya bulutangkis bukan perkara mudah buat level pertandingan. dan lagi lagi setau saya, latian bulutangkis itu wajib hukumnya intensif, ngelebih2i basket. jujur aja anak2 ini bakal tanding sebage regu, yang butuh diurusin tentunya. saya nggak yakin mereka bisa enak aja sliweran di musi, daftar ulang sendiri, tm sendiri, nyari makan sendiri, nyari minum sendiri, minta dibikinin surat perwakilan sendiri, dan terutama MINTA DUIT SENDIRI SAMA IBU LUCIA. mungkin emang kita udah gede ya, udah sma. tapi bukan berarti kita nggak butuh dibina. apalagi ini bawa nama sekolah. anak2 cowok ini pastinya bakal nggak minat kalo mesti ngurus semuanya sendiri. dan sayang banget kan kalo anak2 yang sebenernya potensial buat menang tersia-siakan gara2 nggak diurusin. saya nggak tau mana yang lebih payah, sekolah ini ato perangkatnya..

No comments: