Wednesday, July 11, 2007

Perjalanan PALAXSA 2007: Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Yang ini baru dramatis! Ngakak, marah, sebel, takut, nangis, semuanya komplit!! Yang nggak ada cuma 1: Bosan.

Ada 6 orang di rombongan kami; Pak Eka, Mas ngomPle (tambahan dari Sanata Dharma nih, rambutnya bagus!), saya, Cicil, Muti, OS. Cara kita sampai di Ranu Pane agak seram (tapi asyik!): Naik truk isi pupuk kandang dari tokai ayam. Hyeheee! Nah, mulai dari Pane inilah kisah kami dimulai. Beginilah ceritanya...

2 Juli 2007
Sekitar jam setengah sebelas rombongan jalan dari Ranu Pane. Belum sekilo, OS (Stephanie Octorina Saing. 15. Keriting. Bongsor. Putih.) muntah-muntah. Pasalnya, pagi2 tadi ybs sarapan mie instant, dan tampaknya nona ini keadaannya tidak fit. Kejadian yang sama berlangsung hingga beberapa kilometer ke depan (rasanya sampe Ranu Kumbolo yak?). Sayangnya, karena agak sebal, terlalu semangat jalan, dan kurangnya rasa persaudaraan, dengan begonya Quina terus berjalan, sampe terpisah (mungkin) sekitar 1 jam dari rombongan. Di tengah ketakutannya, Quina bertemu dengan rombongan mas2 Jakarta yang baik hati, 3 biji: Alex, Michael, Andi. Tanpa banyak pikir Quina pun tancap bersama mereka. Diberi makan, dikasih minum, minta madu, ikutan nyenek, ikutan ngewedang, semoga Tuhan memberkati mas2 ini. Alhasil, Quina terdampar di Ranu Kumbolo sekitar 3 jam dari rombongan. Begitu rombongan nyampe, Quina pun berpaling ke jalan yang benar. Amin. (1st day – finished)

Hot Stuff: Ngurus OS yang sakit, sumpah sakitnya serem!!! Ngingau, beku, menggigil, muntah-muntah. Everybody took care of her!
Ket. tambahan. Trek of d’Day: Landai (tapi ada 1 tepat yang sangaaaaat menanjak), panjang, sebelah kiri jurang semua, beberapa pohon tumbang, ikuti petunjuk dan tadaaaaa, sampe deh di Kumbolo!

3 Juli 2007
Perjalanan dilanjutkan ke Kalimati. Sebenarnya target adalah Arcopodo. Tetapi karena kami merupakan rombongan yang lambat dan malas, akhirnya jam 3 baru sampai di Kalimati. Waktu takkan cukup. Ngomple dan Quina mengambil air ke sumber air Mani. Di tepian hutan kami buka tenda. OS sudah sehat. Ditemukan keahliannya: nebang kayu. Kami dapat bwaaaaanyak kayu bakar. Hidup OS!! Ngomple yang berambut indah memasak untuk kami. Makaaaan!

Hot stuff: Cicil yang bego bertanya dengan lugu “Quin, cakmano td air di Kalimati? Banyak dak?”, saya pun menjawab, “Cil, kuceburke gek kau ke Kalimati!”, Fakta: Kalimati merupakan nama tempat (misalnya Tanjung Siapi-api, bukannyo tanjungnyo tu beapi2!!) yang luas dan seperti savana. Dan Cicil jelas2 sudah melewatinya. Insiden ini membuat Quina, Muti, dan Cicil ngakak2 sepanjang malam.
Ket. Tambahan. Trek of d’Day: Gersang, mayoritas semak, trus ketemu sungi kering, jalan dikit Jambangan, Ororombo, tadaaaaa, sampe deh di shelter Kalimati!

4 Juli 2007
Pagi-pagi buta, jam 1 rombongan sudah terjaga. Sayang sekali, (lagi-lagi) karena keleletan kami, meskipun sudah tanpa carrier, akhirnya kami kesiangan nyampe puncak. Quina yang bego sempat terdampat di Arcopodo sekitar 1 jam dari rombongan. Tepat saat sunrise, di tengah-tengah pekuburan nan mencekam, sendirian (bayangkan bagaimana perasaanku, beibs). Dateng2, mas Ple langsung nyembur: “Kalo leader kayak kamu, bisa ilang semua rombongan di belakang!”,, huh-uh! Idak lagi deh mas... (meskipun diam-diam saya kesellll, wong kalian yang lambet stngah mati!!, tapi bener juga sih, dari hari pertama juga saya nggak pernah jalan bareng rombongan, too selvish!).

Hot Stuff: Ini nih adegan paling emosional. Secara kami kesiangan dan arah anginnya ke kami, Mas Ple ogah bawa kami ke puncak atas alasan keselamatan (di atas ada gas sulfat yang konon beracun gitchu loch). Saya yang jelas-jelas ngerasa mampu (dan pasti emang mampu!) kecewa beraaaat sekali, udah nyampe 1 jam lebih awal, nyampe cemoro tunggal 45 menit lebih awal, selama perjalanan laen selalu lebih awal... Sumpah, at that time saya bener2 nyalahkan rombongan, kecewa berat sama rombongan, tapi dalem hati aja, luarnya berucucuran air mata, nggak ngomong apa-apa, dan selama 45 menit dihibur mas Ple di Cemoro Tunggal (pas saya nangis2 rombongan laen masih di bawah). 45 menit kemudian rombongan lain nyampe, untung Cicil yang nyampe duluan, dengan muka imutnya jadi menentramkan saya. Kalo yang lain barangkali udah saya gampar. Di saat-saat seperti ini, Silver Queen memang sangat berguna! Beberapa menit abis mereka sampe semua, saya langsung tancap gas turun. Waktu itu bneran, otak saya masih kesel. Saya turun tanpa mikirin rambu keselamatan dan jalur yang bener, as fast as possible, dan emang bener cepet!, tapi ujung2nya nyasar. Untung ada orang baik yang nolongin kembali ke jalur yang bner. Meskipun udah brenti nangis, mata saya bengkak. Nggak enak banget diliatin orang-orang. Secara banyak yang nggak same puncak tapi nggak ada yang pake tangis2an kayak saya!!! Tapi waktu itu tetep aja saya kesel, jadi saya berjemur di kayu yang pas ngadep ke terik matahari (hasilnya saya gosong kronis!). Sekitar 1 jam, rombongan dari Jakarta (yang ngasuh saya di hari pertama) keliatan, nanyain “Quina sampe puncak nggak?” dan tepat pas itu, air mata saya tumpah lagi!! Udah bego bener saya seenaknya nangis di hadapan orang asing. Tapi, abis nangis di depan mas2 ini, saya jadi lega. Dikasih wjangan lagi sama mas Alex, “Ya ini soalnya bukan kamu sendirian, mesti mikirin temen2 juga,” Huuuu, bless them, God! Mana pake nawarin logistik lagi kalo kami mau coba muncak lagi malemnya. Sayang sekali, ide ini nggak diterima. Selanjutnya, kami balik ke Kalimati trus lanjut balik ke Ranu Kumbolo. It was a loooooooong day...

5 Juli 2007

Akhirnya kami kembali ke Ranu Pane! Waktu ninggalin Ranu Kumbolo, saya sempet feeling blue. Trus, pas jalan sendirian, saya sempet kepikiran macam, takut dimakan macan gitchu loch. Dalem otak saya sampe2 udah nyusun rencana, kalo si macan muncul dari tempat A, saya bakal beraksi begini. Kalo dari tempat B, make jurus ini. Beneran, semua pengetahuan ber-hiaat hiaaat saya udah saya siapin! Semua film action yang saya tonton sampe saya flashback-in! Emang ngacau nih otak. Untung Cicil yang manis segera menyelamatkan saya dari kesendirian. Sampe akhir perjalanan, kami selaluuuu berdua. (lagi-lagi kita nyampe duluan, 2 jam lebih cepet dari rombongan bo!)

Hot Stuff: Sumpah!! Seneng bwanged waktu Cicil ngedenger suara motor!! Dan rumah pertama yang kami liat udah berasa istana!! Tapi waktu nyampe basecamp Ranu Kumbolo dan si mas pejaga tau kami nggak nyampe puncak, langsung dah dia nyembur: “BODOH SEKALI!!”, iya mas, emang bodoh, saya janji bakalan balik lagi, pokoke harus puncak deh booook! Laen kali saya bawa porter deh hehehe!

Bener2 makasih Tuhan, kerena sudah ngasih kami kesempatan menikmati alam, seneng2, berbenah diri, memperkuat iman, dan semuaaaaa perlindungan yang Engkau berikan sejak langkah pertama kami dari rumah sampai kami kembali ke rumah =)

1 comment:

aku.adalah.aku said...

oe qui..
aku tau kau pasti kesel..tapi aku dak nyangk0 sekesel dan semarah itu..
soriiii..
maapi aku e..