Friday, August 17, 2007

sensitive issue: agama

Oke, jadi hari ini dari pagi sampe sore saya ngikutin satu workshop yang namanya "History Maker," yang saya promosiin di bulletin itu. Narasumbernya banyak, dari nagri lagi, dan masing2 narasumber ngoceh kira2 1 jam (mungkin kurang). Apa yang diocehin? Seputar pelayanan, permuridan, kesucian, ngga tau lagi. Inilah the paths dari making a hisory. Seharusnya sih saya excited, tapi apa yang saya rasain? I closed my mind!!! Saya takut, dan saya nggak pengen dengerin mereka. Entah gimana, meskipun ada banyak ocehan mereka yang fit on me, tetep aja saya ngerasa bahwa saya harus jaga jarak. I'm bloody defensive! Sialan.

Ada satu sesi dimana saya bener2 speechless. Ada banyak pertanyaan yang saya mau tanyain, ada banyak pernyataan yang mau saya debat, tapi narasumbernya nggak pernah berhenti ngoceh. Saya ngerasa bahwa narasumber nggak ngasih kesempatan audiens buat nanggepi apa yang mereka pikirin, share their minds. Oke, mungkin jam mereka ngoceh emang dikit, tapi untuk nerima apa yang udah kita debatin selama berjam2 aja sulit, apalagi buat nerima ocehan nonstop satu jam yang nggak melibatkan kita sama sekali!

Nah, apa sih yang bikin saya takut?? Cara roh kudus bekerja yang saya lihat dari pandangan saya di gereja Kristen (ini dia fungsinya blog, saya butuh pelurusan pandangan oleh orang Kristen, bukannya saya mo ngajak perang). Selama hidup saya, saya nggak begitu care sama yang namanya aturan gereja. Saya ngelaksanain apa yang menurut saya baik, dan syukur2 kalo itu sesuai dengan doktrin umum kebaikan, berarti saya udah berbuat baik. Itulah ibadah saya selain di gereja. Kalo denger kotbah2 yang oke, lagu2 yang cakep, kadang saya emang tergugah, tapi gugahan itu selalu sebatas rasio, apa yang bisa dan mau saya terima. Itu pun baru bisa bikin saya netesin air mata kalo ada fakta2 mengharukan yang emang bener2 saya rasain di dalem hidup saya. Nah, jadi waktu denger kotbah tentang Permuridan, saya agak nangkep maksud untuk mengkristenkan orang2 di seluruh dunia. Di sini dia saya bingung. Di titik inilah saya mulai ngebentuk pasukan bertahan buat otak dan hati saya. Selama ini saya selalu mencita-citakan penginjilan tanpa melihat agama. Jadi seorang pewarta kabar gembira nggak akan perduli dengan agama orang yang diwartainya kabar gembira, apakah dia nantinya akan jadi Kristen atau nggak. Yang mereka lakukan hanyalah mewartakan kabar gembira (u know wat i mean: berbuat kebaikan!), dan memastikan bahwa orang yang mereka wartai kabar gembira akan menyebarkan kebaikan juga, dengan visi yang sama dengan mereka, tanpa pandang bulu. No motive dalam menolong selain untuk menolong. Just like that. Tentang surga dan neraka, gimana bentuk Tuhannya, mau dosa ditimbang gimana, never mind! Apakah saya dikatakan murtad, nggak percaya Tuhan, ngerendahin, sombong, bikin aja agama sendiri atau gimana, saya juga bingung. Maybe that's right? Jujur, saya pengeeeen banget bisa ngerasain kayak yang dikotbahin gitu, tapi saya nggak mau kalo Tuhan ngebawa saya ke dalam visi buat mengkristenkan semua orang di dunia. Buat saya itu mengerikan. Saya punya interpretasi sendiri buat kalimat: "Jadikanlah semua bangsa anakku," dan jarang sekali saya mensharingkan hal ini.

Jadi kawan2, yang ngerti masalah ini dan berniat nolong saya, please try! Untuk urusan ini saya emang sangat keras kepala, bahkan kadang omongan saya udah berhenti but still, saya nggak percaya. Kalo kalian berhasil ngayakinin saya soal Tuhan dan agama, saya yakin, u've made a history for me! Thanks.

No comments: