Tuesday, January 22, 2008

Saya beruntung banget bisa hidup di Indonesia!!

Tau kan belakangan ini harga kedele ngelonjak naik? Ini dia hal yang nyadarin saya bahwa saya sangat beruntung bisa tinggal di Indonesia.

Begini, dengan naiknya kedele, mau nggak mau saya jadi keinget sama tahu dan tempe. Semuanya pada tau kan kalo tahu dan tempe itu makanan rakyat bergizi ningrat? Dan tahu tempe itu salah satu makanan yang doyan saya makan. Abis mikir soal tahu tempe, kepikir deh makanan lain yang sering saya makan. Gado-gado, urap, lalapan, rendang, ikan pepes, ikan panggang, sayur bening, lodeh, balado.. Sadar sesuatu? Selain enak, gizinya juga oke!!

Inget aja budaya beras bangsa kita. Biji2an semacem beras itu lebih kaya serat daripada rotinya orang barat. Trus lalapan, bandingannya salad kan? Salad itu disirem mayonais! Sama aja makan lemak dan pengawet di atas sayuran, meskipun emang ada kalsium yang jumlahnya dikiiit banget di dalem tuh mayonais. Trus daging dan ikan2 panggang. Disini kita bisa dapetinnya dalem harga yang murah dan variasi rasa yang eksotis! Pikir aja kalo di amrik. Kalo mo makan daging mesti beli barbecue ato steak barangkali. Waw bisa bangkrut seketika..

Nah soal kalsium ya. Emang saya nggak tau apa budaya minum susu kuat di negara kita. Tapi sebagai info, di amrik yang budayanya budaya keju sendiri, kekurangan kalsium justru lebih banyak ditemukan! Barangkali sih ini gara2 orang amrik jarang makan sayur, sementara kalo orang asia kan doyan nyayur ya..

Tapi semuanya juga pada tau kan kalo warga negara kita banyak yang kurang gizi.. Padahal logikanya, kita udah punya warisan budaya kuliner yang sehat banget dari nenek moyang kita kan, dan kita pun punya produk2 murah bergizi meriah. Sayang banget masyarakat kita banyak yang nggak ngerti gimana ngombinasikan makanan murah biar dapet gizi yang seimbang. Ya gimana mo mikir sampe gizi, buat dapet makan aja udah susah sih. Dan ada faktor lain yang bikin gizi mereka ini tambah ancur, yaitu vetsin. Orang miskin lebih banyak make vetsin lo daripada orang berada. Makanya badan mereka makin teracuni dari dalem. Orang menengah pun masih banyak yang make vetsinnya gila2an. Apalagi soal jajanan, wah vetsin semua tuh! Hmm.. Emang masakan mami ahun paling paten ya.. Saya beruntung banget tinggal di Indonesia, dan dimasakin oleh mami ahun!

No comments: